OPTIMALISASI PATERNING EXERCISE, PULL TO SIT, STANDING EXERCISE PADA ANAK DENGAN DELESI 9P DAN DUPLIKASI 8
Keywords:
Delesi 9p, Duplikasi 8, Fisioterapi, Perkembangan MotorikAbstract
Kelainan kromosom seperti delesi 9p dan duplikasi 8 merupakan kondisi langka yang berdampak pada keterlambatan perkembangan motorik, sensoris, dan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas intervensi fisioterapi berupa patterning exercise, pull to sit, dan standing exercise pada anak dengan diagnosis delesi 9p dan duplikasi 8. Metode penelitian menggunakan pendekatan mix method dengan studi kasus pada seorang anak perempuan berusia 2 tahun 7 bulan yang menjalani fisioterapi di Klinik Intan Fisioterapi Anak Boyolali selama enam sesi intervensi. Pemeriksaan awal dilakukan melalui anamnesis, pemeriksaan objektif, Gross Motor Function Measure (GMFM), Denver Developmental Screening Test (DDST), serta evaluasi sensoris. Intervensi fisioterapi meliputi latihan patterning, pull to sit, standing exercise, dan latihan keseimbangan duduk. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perubahan signifikan pada kemampuan fungsional, dengan skor GMFM tetap 0,045%, kontak mata bertahan hanya tiga detik, dan respon sensoris masih hiposensitif. Hambatan perkembangan ini diduga dipengaruhi oleh kompleksitas kelainan genetik, riwayat penyakit penyerta, serta keterbatasan frekuensi terapi. Kesimpulan penelitian ini adalah intervensi fisioterapi dalam jumlah sesi terbatas belum mampu memberikan peningkatan fungsional yang bermakna, sehingga dibutuhkan pendekatan multimodal, intensitas terapi lebih tinggi, dan kolaborasi multidisiplin untuk memperoleh hasil yang optimal.
References
Anggraeny, D., & Pudjiastuti Sartinah, E. (2023). PELATIHAN KESEIMBANGAN TUBUH
PADA ANAK DENGAN HAMBATAN MOTORIK BAGI GURU DI SLB BANGUN
BANGSA SURABAYA. In DEDICATE: Journal of Community Engagement in
Education (Vol. 2, Issue 1).
Bradshaw, J., Shi, D., Federico, A., Klaiman, C., & Saulnier, C. (2023). The Pull-to-Sit Task:
Examining Infant Postural Development in Autism Spectrum Disorder. Journal of
Pediatrics, 253, 225-231.e2. https://doi.org/10.1016/j.jpeds.2022.09.047
D’Angelo, M., & Nanni, L. (2023). Deep-Learning-Based Human Chromosome Classification:
Data Augmentation and Ensemble. Information (Switzerland), 14(7).
https://doi.org/10.3390/info14070389
Gaber, S. A., Hamad, A. M., Alzahrani, A. S., Dawsari, I. A., & Alhajri, A. S. (2025).
Developing Gross and Fine Motor Skills Using Sensory Integration in Children With
Moderate Autism Spectrum Disorder. European Journal of Educational Research, 14(1),