Pola Asuh Orang Tua Pada Anak di Candra Purnamasari Kediri Parenting Patterns for Children in Candra Purnamasari Kediri
Keywords:
Pola asuh, Anak Pra sekolahAbstract
Pola asuh merupakan cara orang tua dalam mendidik anaknya menjadi anak yang lebih baik. Faktor–faktor yang mempengaruhi orang tua dalam mendidik anaknya yaitu: latar belakang pendidikan orang tua, budaya, mata pencaharian dan keadaan sosial ekonomi. Pola asuh yang baik akan menyebabkan anak menunjukan perilaku yang baik,sebaliknya jika pola asuh yang salah dari orang tua akan menunjukan perilaku sosial yang tidak baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua terahdap anaknyadi TK Candra Purnamasari Kediri. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional, metode yang digunakan adalah deskriptif, dengan jumlah responden 40 orang tua yang dipilih dengan simple random sampling. Pengumpulan data berdasrkan kuesioner. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh yang sedang yaitu 33 responden (82,5%) sedangkan pola asuh yang baik hanya mempunyai 7 (17,5%) responden. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pola asuh orang tua dalam mendidik anak dipengaruhi oleh umur, pendidikan dan pekerjaan. Oleh sebab itu diperlukan peningkatan komunikasi, informasi dan motivasi dari orang tua agar dapat memberikan pola asuh yang baik kepada anaknya.
References
Ahmad, Soejiono . 2003. Pola Asuh Orang Tua. Jogjakarta : Mitra Cendikia
Clemens, Harris. 2008. Mengajarkan Disiplin Pada Anak. Jakarta : Mitra Utama
Dewi, Anggraeni. 2005. Konsep-Konsep Perilaku Anak. Bandung : Rineka Cipta.
Nursalam. 2008. Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Edisi Kedua. Surabaya: Selemba Medika
Nursalam dan Pariani, S. 2001. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Kesehatan masyarakat, ilmu dan seni. Jakarta: Renika Cipta
Rani,Sintia. 2008. Menganalisis Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Anak. 2008. Artikel Mahasiawa Psikologi Semarang. (http://www.Semarang.ac.id.).
Teo, Riyanto. 2002. Pembelajaran sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Jakarta : Gramedia Widiasarana.